TISNA NEWS.COM

Beyond Inspiring News

AI Google Klaim Lebih Efisien dan Pintar daripada ChatGPT 4

AI – Google memperkenalkan kecerdasan buatan (AI) terbarunya bernama Gemini yang ditenagai chatbot Bard. AI ini diklaim mengalahkan performa ChatGPT karena lebih efisien dan pintar. Hal ini terbukti dari penggunaannya yang bisa dihadirkan pada berbagai jenis perangkat. Model ini hadir dalam tiga versi yaitu: Nano, Pro, dan Ultra. Di mana versi Nano dirancang sebagai model yang paling efisien dan bisa dijalankan di perangkat seperti smartphone. Kemudian versi Ultra menjadi yang paling besar dan lambat tapi dengan kemampuan paling canggih. Model ini dirancang untuk menjalankan tugas yang rumit.

Kemudian Versi Ultra menjadi yang paling besar dan lambat tapi dengan kemampuan paling canggih. Model ini dirancang untuk menjalankan tugas yang rumit. Sedangkan Gemini Pro tergabung dengan sistem Bard dan dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja. Menurut CEO Google DeepMind Demis Hassabis, pihaknya telah membuat 32 pengetesan untuk membandingkan Gemini Ultra dan ChatGPT 4.

Untuk Gemini Ultra telah memenangkan 30 dari 32 tes yang dijalankan. “Saya pikir kita jauh unggul dalam 30 dari 32 kriteria tersebut. Beberapa di antaranya sangat sempit (jaraknya), beberapa di antaranya cukup besar,” ujar Hassabis dikutip dari The Verge.
Kemudian menurut Google, Gemini Ultra akan berkolaborasi dengan Bard dan akan dinamakan Bard Advanced. Generative AI ini akan mampu menangani tugas-tugas kompleks pada berbagai teks, gambar, audio, video, dan kode.

Namun sama halnya dengan ChatGPT4, Gemini Ultra nantinya akan berbayar. Akan tetapi masih belum diberikan informasi terkait biaya berlangganan dan tanggal peluncuran. Dikutip dari Wired, saat ini Gemini hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Namun, kedepannya Google juga berencana mengembangkan model dengan bahasa-bahasa lain. (nhd).
Sumber Referensi : https://deepmind.google/technologies/gemini/

More Stories

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *