TISNA NEWS.COM

Beyond Inspiring News

Diskominfo Dumai Adakan Seminar Sosialisasi Evaluasi Implementasi Smart City Dumai

Dumai – Rabu, 13-09-2023. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Dumai menggelar seminar evaluasi dalam rangka meninjau perkembangan implementasi konsep Smart City di Kota Dumai. Acara ini diadakan di Cititel Hotel Dumai dengan tujuan untuk mendiskusikan progres serta potensi perbaikan dalam upaya menjadikan Dumai sebagai kota yang cerdas secara teknologi dan berkelanjutan.

Seminar ini juga dihadiri oleh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari berbagai sektor pemerintahan, stakeholder, dan perwakilan perguruan tinggi swasta yang ada di Kota Dumai. Kehadiran OPD ini memastikan bahwa aspek-aspek penting seperti infrastruktur teknologi, layanan publik, dan integrasi antar-sektor dapat dibahas secara komprehensif. Perguruan tinggi yang ada di Kota Dumai juga turut serta dalam seminar ini. Mereka memberikan pandangan dari perspektif akademis dan penelitian terkait dengan implementasi Smart City. Kerjasama antara pemerintah daerah dan lembaga pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru yang mendukung pengembangan Smart City.

Narasaumber Utama merupakan Pakar IT dari UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, Prof. Dr. Okfalisa, M.Sc. Dalam presentasinya, Prof. Okfa memberikan wawasan mendalam mengenai perkembangan terbaru dalam konsep Smart City serta berbagi pengalaman dari kota-kota cerdas lainnya di seluruh dunia. Kehadirannya memberikan perspektif global yang berharga dalam upaya menjadikan Dumai sebagai Kota Cerdas dan Kota Idaman.

Seminar evaluasi ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk pejabat pemerintah daerah, pengusaha lokal, akademisi, dan masyarakat umum yang peduli terhadap perkembangan teknologi di Kota Dumai.

Sedangkan, menurut Kepala Diskominfo Kota Dumai, Drs. H.ADLI, M.Si, “Kota Dumai telah mengalami perkembangan pesat dalam implementasi konsep Smart City. Namun, kami juga menyadari bahwa masih ada berbagai aspek yang perlu dievaluasi dan ditingkatkan. Melalui seminar ini, kami berharap dapat mendapatkan masukan berharga dari para peserta untuk merumuskan strategi yang lebih efektif dalam mewujudkan visi Smart City Kota Dumai.”

Diskusi dalam seminar fokus pada beberapa area penting dalam konsep Smart City, termasuk infrastruktur teknologi, konektivitas, layanan publik, dan partisipasi masyarakat. Para peserta seminar juga mendengarkan presentasi dari ahli di bidang teknologi dan manajemen perkotaan tentang perkembangan terbaru dalam konteks Smart City.

Salah satu sorotan dalam acara ini adalah proyek penerapan teknologi untuk meningkatkan kualitas layanan publik. Kota Dumai telah memperkenalkan berbagai inisiatif seperti penggunaan aplikasi mobile untuk melaporkan masalah lingkungan, sistem transportasi yang terintegrasi, dan layanan kesehatan online. Namun, ada upaya yang lebih lanjut yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan manfaat teknologi ini bagi masyarakat.

Peserta juga berkesempatan untuk memberikan masukan dan saran dalam sesi tanya jawab dan diskusi kelompok. Dengan partisipasi aktif dari berbagai pihak, diharapkan pemangku kepentingan dapat bekerja sama lebih baik dalam mewujudkan visi Smart City Kota Dumai.

Seminar evaluasi implementasi Smart City di Kota Dumai ini menandai komitmen pemerintah daerah dalam terus memajukan kota ini menuju masa depan yang cerdas secara teknologi, berkelanjutan, dan berdaya saing tinggi. Semua pihak diharapkan dapat berkolaborasi untuk mewujudkan impian bersama ini dan menjadikan Dumai sebagai salah satu kota cerdas terkemuka di Indonesia. (nhd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *