TISNA NEWS.COM

Beyond Inspiring News

Diskominfo Kabupaten Inhil Lakukan Kunjungan Kerja ke Diskominfotiksan Kota Dumai Sharing Penilaian SPBE 2024

Dumai, 21-Mei-2024. Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Dumai dalam rangka sharing penilaian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Kunjungan ini berfokus pada layanan aplikasi pendukung penyelenggaraan pemerintah daerah dan pembandingan infrastruktur untuk penilaian SPBE tahun 2024.

Adapun delegasi yang terdiri dari berbagai pejabat dan ahli teknologi informasi Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Indragiri Hilir yaitu : Yuyun Rakhyuna, S.sos (Kabid Pengembangan, Pengelolaan dan Penyelenggaraan Aplikasi); Sarkawi, S.STP (Kabid Pengembangan Infrastruktur Manajemen Data dan Keamanan Informasi); Herna Nurdiana, SE., MM (Pranata Komputer Ahli Muda Sub Koordinator Substansi Penyelenggaraan Ekosistem TIK, dan Layanan Nama Domain); Said Dedi Nirtadinata, ST (Tenaga Ahli IT); Muhammad Tayeb (Pengelola Data); Tommy Zul Hidayat, S.Kom (Staff) Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Indragiri Hilir.

Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk mempelajari praktik terbaik dan inovasi yang telah diterapkan oleh Kota Dumai dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan berbasis elektronik.

“Berkunjung ke Kota Dumai memberi kami kesempatan untuk melihat langsung bagaimana penerapan SPBE yang efektif dapat mendukung kinerja pemerintah daerah. Kami berharap dapat mengambil banyak pelajaran berharga yang bisa diterapkan di Indragiri Hilir,” ujar Yuyun Rakhyuna, S.sos Kabid Pengembangan, Pengelolaan dan Penyelenggaraan Aplikasi.

Dalam pertemuan tersebut, Diskominfotiksan Kota Dumai mempresentasikan aplikasi yang telah digunakan dalam mendukung penyelenggaraan penilaian indikator SPBE dimaksud. Aplikasi yang diperkenalkan adalah Sistem Pemantauan Nilai Indeks Kematangan Indikator SPBE (PENDEKAR SPBE). Diskusi mendalam dilakukan untuk membahas tantangan dan solusi yang dihadapi dalam implementasi aplikasi tersebut.

Kepala Diskominfotiksan Kota Dumai, Bapak Drs. H. Khairil Adli, M.Si menyambut baik kunjungan ini dan menyatakan kesediaannya untuk berbagi pengalaman serta strategi yang telah diterapkan. “Kami sangat senang dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan Diskominfo Indragiri Hilir. Ini adalah kesempatan baik untuk saling belajar dan memperkuat kerja sama antar daerah,” kata Adli.

Acara ini juga mencakup pembandingan infrastruktur teknologi informasi sebagai persiapan untuk penilaian SPBE tahun 2024. Diskominfotiksan Kota Dumai memaparkan upaya peningkatan infrastruktur IT, termasuk peningkatan kapasitas server, penambahan fitur keamanan pada aplikasi, dan pengembangan kemampuan sumber daya manusia di bidang teknologi informasi.

Dalam sesi pembandingan, beberapa kota dengan penilaian SPBE tinggi, seperti Kota Surabaya, Kota Bandung, dan Kota Sumedang, dijadikan referensi. Hasil pembandingan ini memberikan wawasan berharga tentang praktik terbaik yang dapat diadopsi oleh Diskominfotiksan Kota Dumai dan Diskominfo Kabupaten Indragiri Hilir.

“Pembandingan ini memberikan panduan yang jelas bagi kami dalam melakukan perbaikan dan inovasi. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan infrastruktur IT agar dapat mencapai penilaian SPBE yang lebih baik di masa mendatang,” tambah Fadly Rasbullah, S.HI., M.IP Kabid Layanan Aplikasi E-Government Diskominfotiksan Kota Dumai.

Kunjungan ini diakhiri dengan kesepakatan untuk terus menjalin komunikasi dan kerja sama antara kedua dinas, serta komitmen bersama untuk mendorong penerapan SPBE yang lebih efektif dan efisien demi kemajuan pemerintahan daerah masing-masing.

Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, Diskominfotiksan Kota Dumai dan Diskominfo Kabupaten Indragiri Hilir berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi yang optimal. (Ozy).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *