TISNA NEWS.COM

Beyond Inspiring News

Diskominfotiksan Kota Dumai Menggelar FGD: Smart City 2024 Kolaborasi Akademisi & Praktisi

Dumai, 20 Februari 2024 – Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotiksan) Kota Dumai telah sukses menyelenggarakan rapat teknis percepatan Forum Group Discussion (FGD) bertema “Percepatan Smart City Dumai 2024”. Acara yang diikuti oleh akademisi dari perguruan tinggi yang ada di Kota Dumai, praktisi, dan stakeholder terkait ini bertujuan untuk menggali ide dan strategi percepatan transformasi kota menjadi Smart City.

FGD yang berlangsung di Ruang Rapat Diskominfotiksan Kota Dumai pada hari Selasa (20/2) ini dihadiri oleh berbagai pihak yang terlibat aktif dalam pengembangan konsep Smart City di kota ini. Diskusi tersebut turut dihadiri oleh beberapa tokoh akademisi seperti; Dr. Muhardi, S.Kom, M.Kom, dan Nurhadi, Ph.D., MTA, MCE, MCF dari Universitas Dumai dan beberapa Dosen dari Sekolah Tinggi Teknologi Dumai (STT Dumai) yang salah satunya merupakan bagian daripada tenaga ahli Diskominfotiksan Kota Dumai yaitu: Mustazzihim Suhaidi, S.Kom, M.Kom, MTA, MCE, MCF, yang telah memberikan kontribusi berharga dalam merumuskan langkah-langkah menuju transformasi Smart City.

Dalam sambutannya, Kepala Diskominfotiksan Kota Dumai, Bapak Drs. H. Adli, M.Si, menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi, praktisi, dan stakeholder lainnya dalam mewujudkan visi Smart City yang inklusif dan berkelanjutan. Ia juga menekankan bahwa melalui FGD ini, diharapkan akan tercipta sinergi yang kuat antara berbagai pihak untuk mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam perjalanan menuju Smart City.

Salah satu sorotan utama dari diskusi ini adalah pembahasan mengenai infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang menjadi tulang punggung dalam pembangunan Smart City. Para akademisi dan praktisi di bidang teknologi sepakat bahwa investasi dalam pengembangan infrastruktur TIK harus diperkuat, sambil tetap memperhatikan aspek keamanan dan privasi data.

Selain itu, pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan layanan publik, transportasi, dan tata kelola kota juga menjadi perbincangan hangat dalam FGD ini. Berbagai ide kreatif dan solusi inovatif diajukan untuk mempercepat implementasi Smart City di Kota Dumai, dengan memanfaatkan potensi teknologi yang ada.

Menyambut hasil dari FGD ini, Diskominfotiksan Kota Dumai berkomitmen untuk menggali lebih dalam setiap masukan dan rekomendasi yang dihasilkan dalam acara tersebut. Langkah konkret akan segera dirumuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju transformasi Kota Dumai menjadi Smart City yang berdaya saing dan berkelanjutan kedepannya.

Dengan semangat kolaboratif dan kebersamaan, diharapkan bahwa visi Smart City Kota Dumai dapat segera menjadi kenyataan, membawa manfaat yang nyata bagi seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan di Kota Idaman ini. (nhd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *