TISNA NEWS.COM

Beyond Inspiring News

Dosen Informatika UAD Berikan Pelatihan Penggunaan Google Applications di Kantor Layanan LazisMU DIY

Yogyakarta – Kamis, 21-03-2024. Ir. Herman Yuliansyah, S.T., M.Eng., Ph.D., Adhi Prahara, S.Si., M.Cs., dan Jefree Fahana, S.T., M.Kom., sebagai dosen-dosen dari program studi Informatika Universitas Ahmad Dahlan telah melaksanakan sebuah kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas melalui penguasaan aplikasi Google. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Aula Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DI Yogyakarta.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi forum untuk berbagi pengetahuan tetapi juga merupakan wujud nyata dari komitmen untuk memberdayakan masyarakat melalui teknologi informasi. Peserta yang diikuti oleh pengelola dan pengurus kantor layanan LazisMU Wilayah DIY, hadir dengan semangat tinggi untuk memanfaatkan kesempatan berharga ini.

Diawali dengan sambutan hangat dari Ir. Herman Yuliansyah, S.T., M.Eng., Ph.D., sebagai ketua pelaksana program Pengabdian kepada Masyarakat, suasana ruangan segera dipenuhi dengan aura kolaborasi dan pembelajaran yang intens. “Kami percaya bahwa penguasaan teknologi adalah kunci untuk mengatasi tantangan-tantangan masa kini dan masa depan,” ujarnya dengan penuh keyakinan.

Kegiatan pelatihan ini tidak hanya fokus pada pengenalan fitur dasar, tetapi juga menyoroti strategi-strategi inovatif dalam memanfaatkan alat-alat produktivitas tersebut. Dengan pengalaman yang luas dalam bidangnya masing-masing, para pembicara seperti Adhi Prahara, S.Si., M.Cs., berbagi wawasan mendalam tentang potensi yang belum sepenuhnya dieksplorasi dari aplikasi Google.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk memperkuat jaringan antarlembaga. Bapak Eka Yuhendri, S.H.I., M.H., sekretaris Badan Pengurus LazisMU PWM DIY, dengan hangat membuka dan menutup kegiatan, menegaskan pentingnya kerjasama antara perguruan tinggi dan lembaga sosial kemasyarakatan dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Para peserta tidak hanya diajarkan tentang teknis penggunaan aplikasi Google, tetapi juga didorong untuk memikirkan bagaimana teknologi ini dapat diterapkan dalam konteks pekerjaan mereka masing-masing. Diskusi-diskusi yang mengalir dengan lancar antara pembicara dan peserta menciptakan atmosfer yang memicu inspirasi dan pemikiran kreatif.

Selama pelatihan, berbagai studi kasus dan contoh nyata diperkenalkan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang potensi aplikasi Google dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Bapak Jefree Fahana, S.T., M.Kom., dengan sabar menjelaskan setiap konsep dan menjawab pertanyaan peserta dengan jelas dan komprehensif.

Di tengah kesibukan pelatihan, para peserta juga memiliki kesempatan untuk saling berinteraksi dan bertukar pengalaman, menciptakan hubungan yang berkelanjutan di luar acara tersebut. Sebuah komunitas yang terjalin kuat, tidak hanya dalam penggunaan aplikasi Google, tetapi juga dalam semangat untuk terus belajar dan berkembang.

Seiring dengan berakhirnya kegiatan, suasana kehangatan dan semangat tetap terasa di antara para peserta. Dengan pengetahuan yang lebih luas dan keterampilan yang lebih terasah, mereka meninggalkan Gedung Aula Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY dengan rasa puas dan tekad untuk mengimplementasikan apa yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari mereka. Pelatihan yang dilaksanakan oleh dosen-dosen Informatika Universitas Ahmad Dahlan ini tidak hanya meningkatkan kompetensi teknis para peserta tetapi juga memberikan inspirasi dan motivasi untuk terus berkembang. Sebagai sebuah langkah kecil namun berarti, acara ini menandai komitmen bersama untuk menciptakan masyarakat yang lebih berpengetahuan dan berdaya saing dalam era digital ini. (nhd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *