TISNA NEWS.COM

Beyond Inspiring News

Google Bakal Investasi Rp. 32,4 Triliun di Malaysia: Data Center dan Cloud Terbesar di Asia Tenggara

Google data center

Kuala Lumpur – 30-05-2024. Google, raksasa teknologi asal Amerika Serikat, mengumumkan rencana investasi besar-besaran di Malaysia. Dalam konferensi pers yang digelar hari ini, Google menyatakan akan menggelontorkan dana sebesar Rp32,4 triliun (sekitar USD 2,2 miliar) untuk membangun data center dan memperluas layanan cloud di negara tersebut. Dilansir Bloomberg pada Kamis (30/5/2024), investasi itu termasuk untuk membangun pusat data atau data center dan Google Cloud pertama di wilayah tersebut.

Langkah strategis ini diambil sebagai bagian dari upaya Google untuk memperkuat infrastruktur digital di kawasan Asia Tenggara, yang merupakan salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Investasi ini juga sejalan dengan visi Malaysia untuk menjadi hub digital regional.

“Malaysia memiliki potensi besar di bidang teknologi dan inovasi. Dengan infrastruktur yang kuat, kami percaya bahwa kami dapat membantu mempercepat transformasi digital di negara ini,” ujar Sundar Pichai, CEO Google, dalam pernyataannya. “Kami sangat antusias untuk bekerja sama dengan pemerintah dan mitra lokal dalam mengembangkan ekosistem digital yang lebih maju.”

Pembangunan data center di Malaysia diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan keandalan layanan Google Cloud bagi pelanggan di kawasan ini. Selain itu, investasi ini juga diproyeksikan akan menciptakan ribuan lapangan kerja baru, baik secara langsung maupun tidak langsung, melalui ekosistem digital yang semakin berkembang.

Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia, Saifuddin Abdullah, menyambut baik pengumuman ini dan menyatakan bahwa investasi Google akan membawa dampak positif yang signifikan bagi ekonomi digital Malaysia. “Kami sangat menghargai komitmen Google dalam membantu Malaysia menjadi pusat teknologi dan inovasi di Asia Tenggara. Ini adalah langkah besar menuju masa depan digital yang lebih cerah,” ujarnya.

Investasi ini juga mencerminkan kepercayaan Google terhadap stabilitas ekonomi dan iklim investasi di Malaysia. Dengan adanya data center baru, perusahaan-perusahaan lokal akan memiliki akses yang lebih baik ke layanan cloud berstandar global, yang pada gilirannya akan meningkatkan daya saing mereka di pasar internasional.

Seiring dengan pengembangan infrastruktur ini, Google juga berencana untuk mengadakan berbagai program pelatihan dan pendidikan di bidang teknologi informasi bagi talenta lokal. Program ini akan mencakup pelatihan dalam keterampilan digital, pengembangan aplikasi, dan keamanan siber, dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas tenaga kerja Malaysia di sektor teknologi.

Dengan investasi ini, Google tidak hanya memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam layanan cloud di Asia Tenggara, tetapi juga berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi digital di Malaysia. Langkah ini diharapkan akan mendorong lebih banyak perusahaan global untuk melihat Malaysia sebagai destinasi investasi yang menarik dan menjanjikan. (nhd)

Sumber Referensi:

  1. Google to Invest USD 2.2 Billion in Malaysia for Data Center and Cloud Services
  2. Malaysia Welcomes Google’s $2.2 Billion Investment in Digital Infrastructure
  3. Google Expands Cloud Presence in Southeast Asia with Major Investment in Malaysia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *