TISNA NEWS.COM

Beyond Inspiring News

Kolaborasi Dengan Solo Handmade Carpet, Mahasiswa KKN 94 UNS Membuat Karpet Dengan Inovasi Desain

Solo – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Kelompok (KKN) 94 Universitas Sebelas Maret berkolaborasi dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Solo Handmade Carpet menciptakan inovasi desain yang menarik dengan esensial tinggi. Solo Handmade Carpet merupakan UMKM yang berlokasi di Jagalan Surakarta, dengan fokus pada sektor pengembangan produk karpet handmade dan memperkenalkan ke pasar mancanegara melalui pameran-pameran bertaraf internasional.

Solo Handmade Carpet telah berhasil memperoleh perhatian internasional melalui partisipasinya dalam berbagai pameran di kancah internasional. Melalui upaya ini, Solo Handmade Carpet berhasil memperkenalkan seni dan kerajinan karpet handmade buatan lokal ke pasar mancanegara.

Kolaborasi dalam inovasi desain ini bertujuan untuk meningkatkan nilai estetika desain dari karpet handmade yang dikembangkan oleh Solo Handmade Carpet. Adanya tren dekorasi ruangan estetik juga meningkatkan permintaan pasar karpet handmade akan desain karpet terkini, maka dari itu mahasiswa KKN Kelompok 94 UNS dengan Solo Handmade Carpet berkolaborasi untuk menciptakan inovasi desain karpet terkini dengan motif yang beragam.

Salah satu anggota KKN 94 UNS, Arum Jayati, mengatakan, “Kami sangat bersemangat dalam berkolaborasi dengan Solo Handmade Carpet untuk membuat inovasi desain yang unik dan menarik. Dengan begitu, dapat memberikan ciri khas desain tersendiri untuk Solo Handmade Carpet.”

Menurutnya, kolaborasi ini juga memberikan peluang bagi para mahasiswa untuk menggali lebih dalam pengalaman praktis dalam dunia bisnis dan kreativitas. Dengan kolaborasi ini para mahasiswa dapat mempelajari aspek-aspek penting dalam merancang produk yang sesuai dengan tren dan selera pasar terkini.

Pihak Solo Handmade Carpet juga memberikan tanggapan positif terkait kolaborasi ini sebagai langkah maju dalam mengembangkan kreativitas serta memberikan nilai tambah pada produk mereka.

“Kami sangat mengapresiasi kontribusi mahasiswa dalam menghadirkan perspektif baru pada desain karpet handmade kami. Kolaborasi ini memberikan pandangan baru dalam desain produk kami dan kami berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang baik untuk kedua pihak.” Ujar perwakilan dari Solo Handmade Carpet.

Tidak hanya dalam inovasi desain, mahasiswa KKN 94 UNS juga turut membantu Solo Handmade Carpet dalam berbagai aspek lain, seperti promosi dan konten media sosial, pengembangan situs web, dan pembuatan video profil sebagai langkah awal untuk mendorong pemasaran digital Solo Handmade Carpet.

Kegiatan-kegiatan tersebut melibatkan semua mahasiswa KKN 94 UNS, yang mana semua anggota kelompok saling bertukar pikiran untuk menyalurkan idenya masing-masing. Anggota tersebut antara lain Abhyasa Danu Brata, Achmad Syarifudin, Aimatul Khoiriyah, Arum Jayati, Aulia Widsay Salsabila Nisa, Dhea Naomi Kenlaksita, Dian Rachma Herawati, Kana Briliani, Maulida Maratus Sholikah, Tazkiyah Ramadhani, dan Widya Imayang Valentina.

Melalui kolaborasi ini, mahasiswa KKN 94 UNS dan Solo Handmade Carpet yang ada di Jagalan Surakarta telah membuktikan bahwa kolaborasi lintas sektor dapat menciptakan dampak yang positif dalam pengembangan produk lokal yang berkualitas dan berdaya saing. Selain memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, ini juga menjadi bukti konkret bahwa sinergi seperti ini mampu mendorong pertumbuhan industri kreatif di daerah lokal. (dcp).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *