TISNA NEWS.COM

Beyond Inspiring News

Mahasiswa KKN 81 UNS Merilis Buku Potensi UMK Desa Joho: One Village One Brand

Surakarta – Mahasiswa KKN Tematik 81 UNS periode Juli – Agustus 2023 telah merilis buku tentang Potensi Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Desa Joho menuju One Village One Brand (OVOB). Lokasi desa ini berada di Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Masyarakat Desa Joho memiliki banyak potensi dan kreatifitas untuk mendirikan UMK. Batik Kalimasada dan Kripik Pisang Umi Shafa menjadi produk UMK kebanggaan Desa Joho. Selain dua produk tersebut, produk kuliner lain juga turut menggawangi suburnya ladang UMK di desa tersebut, seperti kacang mete, kripik tempe, peyek, susu kedelai dan jenang khas Wonogiri.

Merespon potensi desa yang melimpah tersebut, team KKN Tematik 81 UNS telah berhasil membukukan potensi OVOB desa Joho. Buku potensi OVOB ini telah diserahkan kepada Pihak Desa Jodo dan Bappeda Kabupaten Wonogiri. Kedua pihak merasa terbantu atas rilis buku UMK OVOB Desa Joho sebagai rujukan pengembangan potensi ekonomi desa di masa datang. Selain itu, data potensi ekonomi desa yang relatif lengkap dan tersistematis juga dapat digunakan sebagai bahan analisis evaluasi kinerja dan proyeksi program pembangunan desa yang tepat sasaran. Buku ini menjelaskan terdapat sekitar 58 UMK yang aktif di Desa Joho yang bergerak di berbagai bidang usaha, mulai dari usaha kerajinan tangan, usaha makanan dan minuman, usaha pertanian dan peternakan, usaha tanaman hias, usaha tekstil hingga usaha jasa dan layanan. Namun demikian, persebaran UMK di Desa Joho belum merata untuk empat dusun. Sebagai contoh, Dusun Wotglinggang mempunyai 22 UMK, Dusun Lemah Duwur memiliki 2 UMK, Dusun Kasihan mempunyai 30 UMK, dan Dusun Joho memiliki 4 UMK. Dengan demikian, Dusun Kasihan mempunyai perkembangan UMK dan ekonomi terbaik diantara dusun lain di Desa Joho.

Lebih lanjut, buku ini juga memetakan kondisi georigrafis dan demografis sebagai faktor pendorong perkembangan UMK. Berbagai identifikasi faktor internal dan eksternal UMK Desa Joho termasuk strategi pengembangan UMK juga tersedia dalam buku ini. Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Wonogiri, Pemerintah Desa Joho dan para pelaku usaha di Desa Joho dapat menjalin sinergi dan kolaborasi dalam percepatan OVOB Desa Joho.  

Secara khusus, buku potensi UMK Desa Joho “One Village One Brand” telah di cetak secara dan diserahkan kepada Kantor Desa Joho dan Bappeda Kabupaten Wonogiri. Para pengambil kebijakan dapat memanfaatkan buku ini sebagai perencanaan pemberdayaan ekonomi berbasis OVOB di Desa Joho. Perencanaan dan strategi pemberdayaan OVOB yang terarah dan sistematis akan memberikan dampak signifikan tidak hanya kepada masyarakat Desa Joho tetapi juga Pemerintah Kabupaten Wonogiri yang sedang menggalakkan OVOB.

Identitas Kelompok 81 KKN UNS:

Regita Cahyaningrum, Rahmani Febrihana Mustari , Salma Ghina, Divanty Anjani, Ayu Dilla, Aji Setyawan, Fathin Muttaqin Frenda, Nur Muhammad, Rika Nur Aryanti, Rhevika Gurindra Hapsari

Dosen Pembimbing Lapangan:

Malik Cahyadin, S.E., M.Si., Ph.D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *