TISNA NEWS.COM

Beyond Inspiring News

Pemko Dumai Sabet 2 Penghargaan pada Ajang Top Digital Award 2023

Dumai – Pemerintah Kota (Pemko) Dumai kembali menoreh prestasi yang membanggakan, tak hanya ditingkat provinsi namun juga dikancah nasional.

Kali ini, Pemko Dumai berhasil menyabet dua kategori sekaligus pada penghargaan Top Digital Award tahun 2023 yang puncak acara dan pengumumannya berlangsung di Dian Ballroom, Raffles Hotel, Jakarta pada Senin (4/12/2023) siang.

Dua kategori penghargaan yang diraih sekaligus tersebut yakni, Top Leader on Digital Implementation 2023 untuk Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS dan Top Digital Award Bintang 3 untuk Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Dumai.

“Alhamdulillah, dipenghujung tahun 2023 ini kita berhasil mendapat penghargaan top digital. Ini suatu keberkahan untuk Dumai Kota Idaman,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, H. Indra Gunawan, S.IP, M.Si usai menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh M. Lutfi Handayani, Ketua Panitia Penyelenggara Top Digital Awards 2023.

Disampaikan Sekda Kota Dumai bahwa penghargaan tersebut membuktikan penerapan IT di Kota Dumai sudah cukup bagus dan terus meningkat.

“Perlahan namun pasti, Kota Dumai memang sudah mengedepankan IT dalam berbagai bidang dan program khidmat kepada masyarakat. Seperti khidmat administrasi kependudukan, pendidikan, kesehatan, pencarian kerja, dan lain sebagainya,” tuturnya.

Indra Gunawan berazam, penghargaan tersebut bakal dijadikan pemicu agar seluruh jajaran dilingkungan Pemko Dumai terus mengedepankan teknologi informasi dalam memberikan layanan.

“Kita akan terus mengoptimalkan penggunaan teknologi digital untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan dipermudahnya pelayanan, tentu berujung pada kesejahteraan masyarakat Kota Dumai,” pungkasnya.

Diketahui, Top Digital Awards 2023 adalah kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan tahunan tertinggi di Indonesia, yang diberikan kepada Perusahaan dan Instansi Pemerintahan, yang dinilai berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digital, untuk meningkatkan kinerja, layanan, inovasi, dan daya saing bisnisnya serta layanan kepada masyarakat maupun konsumennya.

Tahun ini, Top Digital Awards 2023 mengusung tema utama “IT Governance and Cyber Security in Innovation of Business and Services”/ “Tata Kelola TI dan Keamanan Siber dalam kaitan Inovasi Bisnis dan Layanan”.

Puncak acara puncak penghargaan tahunan Top Digital Awards 2023 atas keberhasilan dalam melakukan transformasi digital dan implementasi bidang Information & Communications Technology (ICT) ini, dihadiri sejumlah Pimpinan Kementerian, Lembaga/Badan, Kepala Pemerintah Daerah, Walikota, Gubernur, serta IT Manager atau Chief technology officer (CTO)/ Chief Information Officer (CIO) dari berbagai perusahaan, organisasi dan institusi untuk menerima langsung penghargaan ini.

Beberapa perusahaan swasta, lembaga pemerintah, BUMN, BUMD, vendor ICT, business software developer), dan beberapa lainnya, berhasil meraih penghargaan.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi dalam sambutannya menyatakan, bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan Top Digital Awards 2023 ini.

Kegiatan ini lanjutnya, selaras dengan upaya pemerintah untuk mendorong akselerasi transformasi digital di Tanah Air, baik di kalangan pelaku usaha, lembaga atau institusi kepemerintahan sebagai kesiapan dalam memasuki era revolusi industri keempat (industri 4.0).

Pihaknya juga menyambut baik ada kesadaran yang makin tinggi akan pentingnya memperkuat ekosistem keamanan siber di kalangan pelaku usaha, maupun institusi dan Lembaga kepemerintahan untuk kelangsungan dan keberhasilan transformasi digital ini.

Menurutnya transformasi digital memiliki kaitan yang tidak bisa terpisahkan dengan inovasi-inovasi seperti yang dilakukan para peraih penghargaan di ajang Top Digital Awards 2023 ini.

Bahkan, Menteri Budi Ari Setiadi menilai bahwa implementasi transformasi digital atau penggunaan teknologi digital adalah inovasi itu sendiri.

Turut hadir mendampingi Sekdako Dumai saat menerima penghargaan, Kadiskominfotiksan Dumai, Drs. H. Khairil Adli, M.Si, Kepala Bidang (Kabid) Layanan Aplikasi e-Government pada Diskominfotiksan Kota Dumai, H. Fadly Rasbullah, S.HI, M.IP beserta jajaran. (fdl).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *