TISNA NEWS.COM

Beyond Inspiring News

STT DUMAI Gelar Kuliah Umum Internasional: Prof. Madya Dr. Rabiah Abdul Kadir Bahas Etika dan Akuntabilitas AI

Dumai – Rabu, 28-02-2024. Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Dumai menggelar kuliah umum yang mengundang Prof. Madya Dr. Rabiah Abdul Kadir dari Institute Visual Informatics (IVI) Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Acara tersebut bertempat di aula kampus STT Dumai pada hari Rabu, 28 Februari 2024.

Dengan tema yang menarik, yakni “Penerapan Etika dan Akuntabilitas Artificial Intelligence“, kuliah umum ini mempertemukan mahasiswa dan akademisi untuk mendalami isu-isu krusial dalam pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Prof. Madya Dr. Rabiah Abdul Kadir, seorang pakar di bidang Visual Informatics, menyampaikan pandangannya mengenai bagaimana AI harus diterapkan dengan mempertimbangkan aspek etika dan akuntabilitas. Dalam era di mana teknologi semakin meresap ke dalam kehidupan sehari-hari, pertimbangan etis dalam pengembangan dan penerapan AI menjadi semakin penting.

Kuliah umum ini menjadi wadah bagi mahasiswa dan dosen STT Dumai untuk memperluas wawasan mereka tentang peran AI dalam berbagai aspek kehidupan, serta memahami pentingnya menanamkan prinsip etika dan akuntabilitas dalam setiap implementasi teknologi.

Kuliah umum ini juga menandai kolaborasi antara STT Dumai dengan lembaga pendidikan tinggi di luar negeri salah satunya dengan Institute Visual Informatics (IVI) – Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dengan mendatangkan narasumber internasional yang berkualitas. Acara ini diharapkan dapat memberikan dorongan baru bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di lingkungan akademik STT Dumai.

Para peserta kuliah umum diberikan kesempatan untuk berdialog dan bertukar pikiran dengan Prof. Madya Dr. Rabiah Abdul Kadir, menjadikan acara ini sebagai platform yang interaktif untuk memperdalam pemahaman tentang peran AI dalam konteks sosial, ekonomi, dan etika.

Dengan semangat keilmuan yang membara, STT Dumai berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan akademik yang bermutu dan relevan dengan perkembangan teknologi, serta memupuk kesadaran akan tanggung jawab sosial dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk penggunaan kecerdasan buatan. (nhd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *