TISNA NEWS.COM

Beyond Inspiring News

Tentang Kami


Tisna NEWS.COM. Assalamualaikum. Wr. Wb. Internet telah banyak memberikan perubahan praktik dan teoritik dalam melihat perkembangan media masa menghadapi era digital. Perubahan gaya transaksional media ke arah interaksi membuat media masa terus mengoptimalkan keterlibatan pembacanya dalam memproduksi konten dan memanfaatkan media-media baru pendukung produksi. Tidak sedikit media masa merubah cara kerja, produksi konten, bisnis dan struktur organisasi media masa agar dapat bersaing. Praktik jurnalisme digital di Indonesia terus berupaya membangun iklim media online yang disukai pembaca, stabil dan dinamis. Konten media online sangat dipengaruhi isu dan interaksi yang terjadi di media sosial. Media online telah menghadirkan sengmentasi khusus untuk pembaca dengan mulai mencoba berbagai alternatif konten mulai postioning dan monetisasi yang merubah cara bisnis media di era digital sekarang ini.

Media online tidak terlepas dengan adanya iklan sebagai salah satu pemasok pendapatan perusahaan selain berjualan konten. Dimana generasi media sebelumnnya media konvensional menjadikan hubungan transaksional sebagai model bisnis utama, dimana ada barang yang dipertukaran dengan nilai nominal tertentu, termasuk adanya konten yang akan menarik iklan. Perkembangan selanjutnya, media online tetap mengandalkan iklan sebagai bahan utama pemasukan. Selain iklan, klik dari pembaca juga mempengaruhi pendapatan. Tingginya angka klik dari pembaca akan dimanfaatkan bagi pemilik platform untuk menjual kepada pengiklan agar memasangkan iklan didalam media tersebut. Dengan begitu akan memberikan pengaruh besar terhadap pendapatan dan jumlah iklan.


  1. Transformasi Media Masa: Perkembangan teknologi dan internet telah mengubah lanskap media massa secara signifikan. Media massa bergerak dari model transaksional ke arah interaktif, di mana partisipasi pembaca menjadi lebih penting dalam memproduksi konten dan mempengaruhi arah berita.
  2. Optimasi Keterlibatan Pembaca: Media massa kini berupaya meningkatkan keterlibatan pembaca melalui berbagai strategi, seperti penggunaan media sosial dan segmentasi konten yang lebih spesifik sesuai dengan minat pembaca.
  3. Perubahan Bisnis Media: Bisnis media masa mengalami perubahan signifikan di era digital. Selain dari penjualan konten, iklan menjadi salah satu sumber utama pendapatan bagi media online. Model bisnis ini juga terus berkembang dengan memanfaatkan klik dari pembaca sebagai sumber pendapatan tambahan.
  4. Monetisasi Konten: Monetisasi konten menjadi kunci penting dalam menjaga keberlanjutan bisnis media masa digital. Hal ini mencakup berbagai strategi, seperti penempatan iklan yang tepat dan mengoptimalkan jumlah klik dari pembaca.
  5. Pengaruh Media Sosial: Media sosial memainkan peran besar dalam menentukan konten yang diminati pembaca dan dalam mengarahkan arus lalu lintas pengunjung ke situs-situs berita online.

Sehingga banyak perusahaan teknologi telah menggunakan rumusan engagement untuk menentukan sebaran distribusi konten. Keterikatan dan merasa dibutuhkan oleh konsumen atau pengakses informasi sangat dibutuhkan pada era digital saat ini yang banyak bermanfaat bagi masyarakat luas. Wassalam…

Salam Redaksi.


Tim Redaksi Media Online

Kontak Kami

Disclaimer