TISNA NEWS.COM

Beyond Inspiring News

Universitas Dumai Sukses Gelar Seminar Internasional dengan Narasumber dari UKM dan Diskominfotiksan Dumai

Dumai, Senin, 26-02-2024. Universitas Dumai dengan bangga menggelar Seminar Internasional bertema “Smart City: Masa Depan Transportasi Pintar (Inovasi dan Tantangannya)”. Rektor Universitas Dumai, Dr. Muhardi, S.Kom, M.Kom, mengungkapkan kebanggaannya atas suksesnya Seminar Internasional bertema “Smart City: Masa Depan Transportasi Pintar (Inovasi dan Tantangannya)” yang diselenggarakan oleh universitas pada hari ini (senin, 26/02/2024). Dalam pernyataannya, Dr. Muhardi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyelenggaraan acara tersebut.

“Dengan dihadirinya narasumber-narasumber utama; Prof. Madya Dr. Rabiah Abdul Kadir dari Malaysia yang merupakan Direktur sekaligus Dosen di Institute Visual Informatics (IVI) – Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Drs. H. Khairil Adli, M.Si, sebagai narasumber kedua yang saat ini menjabat Kepala Diskominfotiksan Dumai, seminar ini telah memberikan wawasan yang sangat berharga bagi kita semua tentang peran teknologi dalam mengembangkan transportasi pintar di era digital,” ujar Dr. Muhardi.

Beliau juga menambahkan bahwa seminar ini adalah langkah awal yang sangat baik bagi Universitas Dumai dalam memfasilitasi diskusi dan kolaborasi lintas disiplin untuk menciptakan solusi inovatif dalam membangun kota-kota cerdas yang berkelanjutan.

Dalam presentasinya, Prof. Madya. Dr. Rabiah menguraikan bagaimana teknologi AI memiliki potensi besar untuk mengubah lanskap transportasi perkotaan. Melalui kemampuannya dalam menganalisis data secara cepat dan akurat, AI mampu memberikan solusi-solusi inovatif untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan kenyamanan dalam sistem transportasi.

Dengan teknologi AI, sistem transportasi dapat diintegrasikan secara lebih cerdas, memungkinkan pengelolaan lalu lintas yang lebih efisien dan penjadwalan rute yang optimal. Selain itu, AI juga dapat digunakan dalam pengembangan sistem prediksi untuk mengidentifikasi kemacetan, kecelakaan, dan perubahan pola perjalanan, sehingga memungkinkan pengguna transportasi untuk mengambil keputusan yang lebih tepat waktu dan efektif.

Seminar Internasional ini juga merupakan bagian dari komitmen Universitas Dumai dalam mendukung riset dan pengembangan teknologi yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya dalam konteks perkotaan modern.

Dr. Muhardi berharap bahwa hasil dari seminar ini akan menjadi landasan bagi kerja sama lebih lanjut antara Universitas Dumai dengan para pemangku kepentingan lainnya, baik dari kalangan akademisi, industri, maupun pemerintah, guna mewujudkan visi bersama akan kota-kota masa depan yang lebih cerdas, berkelanjutan, dan inklusif.

Seminar Internasional “Smart City: Masa Depan Transportasi Pintar (Inovasi dan Tantangannya)” berhasil menegaskan posisi Universitas Dumai sebagai lembaga pendidikan yang progresif dan berkomitmen dalam menghadapi tantangan-tantangan masa kini dan mendatang. (nhd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *