TISNA NEWS.COM

Beyond Inspiring News

UNS Selenggarakan Workshop Edukasi Perencanaan Keuangan Keluarga Di DWP Kabupaten Klaten

Solo – Jum’at, 31 Mei 2024 bertempat di Gedung Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Klaten yang beralamat di Jl. Mayor Kusmanto, Sungkur, Semangkak, Kec. Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57415. Workshop Ini merupakan agenda Pengabdian Kepada Masyarakat Hibah Grup Riset Bidang Unggulan Finance dan Banking  dan tujuan sosial yang ingin dicapai adalah social development and community services. Peserta yang hadir adalah 150 peserta dari perwakilan setiap wilayah di 26 kecamatan yang berada di bawah pemerintahan kabupaten beserta para istri pimpinan organisasi perangkat daerah dan pengurus. Tujuan yang ingin dicapai antara lain meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam perencanaan keuangan keluarga.

Metode pelaksanaannya adalah memberikan pemaparan terkait pentingnya perencanaan keuangan yang baik dengan mencatat semua kebutuhan dan pengeluaran serta memprioritaskan kebutuhan krisis di atas kebutuhan yang kurang mendesak yang saat ini dibutuhkan. Terdapat juga praktik langsung yang memungkinkan para peserta untuk bisa mencoba langsung teori yang didapatkan oleh Kami pada beberapa lembar praktik. Kegaitan ini diisi oleh Ibu Wahyu Trinarningsih, S.E., M.M., M.A., CFP. Bu Wahyu merupakan Dosen sekaligus Praktisi yang telah memiliki sertifikasi kompetensi Certified Financial Planner (CFP) yang merupakan sertifikasi perencana keuangan profesional yang diakui secara internasional dan paling terkenal di dunia yang dikelurkan oleh Financial Planning Standards Board (FPSB) yang berbasis di Denver, Amerika Serikat. Ibu Umi Laila sendiri merupakan wakil pimpinan cabang dari bank jawa tengah cabang klaten, Beliau memberikan pemaparan Literasi Investasi dan Produk Bank.

Banking and Finance Prodi Diploma III Keuangan dan Perbankan Sekolah Vokasi UNS Surakarta https://vokasi.uns.ac.id/program-studi/d3-keuangan-perbankan mulai semester ini akan membuka program sarjana terapan perbankan dan keuangan digital hal itu disampaikan oleh Kepala Program Studi, Lintang Ayuninggar, S.E., M.Sc disela sambutan pembukaan sebelum acara dimulai. Terselanggaranya Workshop ini didukung penuh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNS https://lppm.uns.ac.id/ dan Pemerintah Kabupaten Klaten https://klatenkab.go.id/ dalam upaya menciptakan kebahagiaan dan keharmonisan keluarga Indonesia, melalui langkah menembak langsung para Ibu pejabat pemerintahan yang harapannya dapat menularkannya kembali di level level lainnya.Antusias terhadap acara ini luar biasa sehingga acara workshop pun disiarkan melalui kanal zoom meeting dengan link https://In.run/OpJL0 dengan Meeting ID : 878 8801 6060 Passcode : 177642.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan pemahaman dan kepedulian dari para Dosen Program Studi Diploma III Keuangan dan Perbankan terkait Financial Planning. Proses untuk bisa mencapai tujuan hidup seseorang melalui manajemen keuangan terintegrasi dan terencana. Acara dilaksanakan pukul 08.00 sampai selesai dengan diawali pembukaan, sambutan, pemaparan, praktik, diskusi dan penutup. Ada tiga tahap yaitu Persiapan, Pelaksanaan dan terakhir Evaluasi.

Keharmonisan keluarga bisa terganggu bila istri sebagai pengelola  keuangan rumah tangga tidak menjalankan fungsi pengelolaan dengan baik. Harapan dari Tim Pengusul yang disampaikan oleh Ketua Tim Pengabdian yaitu Mehilda Rosdaliva, S.E., M.Ec.Dev. adalah “Para Ibu yang hadir dapat melakukan Perencanaan keuangan terdiri dari perencanaan menyeluruh artinya setiap hal akan direncanakan seperti perencanaan asuransi, perencanaan investasi, perencanaan hari tua, perencanaan pajak dan perencanaan warisan dan  perencanaan keuangan untuk kebutuhan spesifik atau kebutuhan tertentu saja seperti perencanaan untuk membeli rumah, perencanaan untuk biaya pernikahan, perencanaan untuk pensiun, perencanaan untuk dana pendidikan dan lainnya. Kami mempunyai tujuan untuk memberikan solusi terkait pentingnya pencatatan pendapatan keuangan, meyusun anggaran belanja rumah tangga baik yang rutin maupun non rutin dengan rencana yang diinginkan lengkap dengan memberikan edukasi atau wawasan yang berkaitan dengan kegiatan menabung dan kegiatan investasi. Pentingnya Investasi ini dapat membantu Memenuhi Pengeluaran yang sifatnya Jangka Panjang seperti Biaya Kuliah anak dan Biaya Kesehatan”. Tim Pengabdi di akhir acara melakukan evaluasi terhadap event Workshop dengan menggunakan instrumen angket selain juga wawancara dan observasi langsung. Harapannya agar dapat melakukan pengukuran tingkat partisipasi, pemahaman peserta sebelum dan setelah diadakan workshop, dan perubahan perilaku yang dapat diidentifikasi. Objek Pengabdian yang merupakan kelompok perkumpulan Istri Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Klaten yang turut serta dalam kegiatan InsyaAllah yakin pasti mampu melanjutkan dan mengembangkan praktik-praktik positif yang telah diperoleh selama Kegiatan. (mlk).


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *